Cari Artikel

RAIDERS SPHERE 4TH: ALTERNATIF ACE COMBAT UNTUK GAMER PC


Saya menemukan Raiders Sphere 4th pertama kali di sebuah situs download game doujin tahun 2015 lalu. Cukup heran juga karena gamer Jepang biasanya tidak tertarik dengan model simulation shooter. Tapi yang lebih mengejutkan ternyata seri Raiders Sphere sudah beredar sejak tahun 2004 tapi hanya di Jepang. Game ini seolah menjadi penawar bagi penggemar Ace Combat yang memang belum pernah hadir di PC. Untungnya, Sekai Project bersedia menerjemahkan game ini ke Bahasa Inggris. Raiders Sphere 4th  resmi menjadi yang pertama dari serialnya hadir untuk gamer barat.

Di akhir abad ke-21, manusia berhasil mengubah Planet Venus menjadi sebuah hunian yang nyaman bagi manusia. Tapi tanah subur di Venus tidak sejalan dengan pikiran manusia yang serakah dengan politiknya. Beberapa tahun setelah manusia berhasil mengeksplorasi sumber daya di Venus, terjadi konflik antara dua organisasi besar. Venus Material Inc (VMI) sebuah perusahaan raksasa bersitegang dengan Sentinels of Terra, organisasi yang dibentuk negara-negara adikuasa di dunia. Perseteruan mereka tidak terlihat langsung dan mirip dengan era perang dingin di tahun 1940-an

Sementara itu, di salah satu sudut Planet Venus, di distrik Terra Structure #3 ada sebuah pangkalan udara yang menjadi markas bagi para Raiders. Mereka adalah warga sipil ala tentara bayaran yang melakukan bermacam-macam misi. Ellea Southline adalah salah satu Raider yang ahli dalam penyelidikan dan pengiriman. Ellea juga terlatih dalam pertempuran senjata yang membuatnya dijuluki Sonic Venus. Di Sentinels of Terra dia terdaftar sebagai pilot. Setelah sebuah insiden Ellea ingin mencari ayahnya, seorang pilot yang hilang dalam sebuah misi.


Ace Combat memang berjaya sebagai flight combat simulator terbaik di konsol, tapi masih ada kekurangannya. Dari sekian banyak serialnya tidak satupun yang mendukung virtual reality. Padahal, ini sangat cocok diterapkan jika pemain duduk di cockpit pesawat. Kelemahan inilah yang dijawab oleh Raiders Sphere. Rectangle selaku developer memberikan dukungan atas Oculus Rift. Sehingga saat di cockpit pemain merasakan sebagai pilot yang sebenarnya.

Dalam Raiders Sphere pemain menerbangkan pesawat, yang disini disebut raider, dan menyelesaikan beragam misi. Total ada 30 misi yang bisa diselesaikan. Ada misi yang meminta pemain menghancurkan target di kota tertentu. Sementara itu ada misi sederhana yang hanya menerbangkan pesawat di ngarai atau terowongan untuk mencapai checkpoint. Yang lebih seru adalah  dog fighting, atau pertempuran udara melawan pesawat lain. Di akhir misi performa pemain akan dievaluasi dan mendapat rangking. Dari sini pemain bisa membeli pesawat atau senjata baru. Dengan begini permainan harus diulang berkali-kali untuk membuka semua pesawat, senjata dan item.

Grafis Raiders Sphere 4th tidak terlalu istimewa, tapi juga tidak terlalu buruk. Ini bisa dimaklumi untuk ukuran game indie yang berbudget terbatas. Pemain veteran mungkin akan ingat dengan Ace Combat 3 atau 4. Permainan mendukung resolusi hingga 1366 x 768, cukup standar untuk PC atau laptop jaman sekarang. Selebihnya tidak ada efek grafis tambahan seperti anti aliasing atau MSAA. Pendeknya, grafis Raiders Sphere 4th ini setara dengan game tahun 90-an di Playstation 2, tapi hanya unggul di resolusi tinggi. Untuk kontrol permainan cukup baik, apalagi game ini mendukung banyak model gamepad.


Yang menjadi nilai minus barangkali pada tingkat kesulitannya. Di permainan ini makin tinggi tingkat kesulitan hanya berpengaruh pada musuh yang makin agresif dan daya tahan pesawat pemain. Ini tidak menentukan item atau pesawat yang bisa dibuka nantinya. Jadi bermain pada level easy, normal, atau hard, tidak ada bedanya. Meski banyak pesawat dan senjata bisa dibuka, tapi hanya sedikit saja yang benar-benar bagus. Sisanya hanya tambahan saja. Ini membuat permainan menjadi tidak seimbang dan kadang membuang waktu.

Secara keseluruhan, Raiders Sphere 4th cocok bagi mereka yang mencari alternatif Ace Combat. Apalagi ada elemen ala visual novel plus voice acting didalamnya yang menjadi nilai lebih game ini. Anda bisa mencoba Raiders Sphere 4th dengan mengunduh gamenya disini.